Contoh Cerpen

Contoh Cerpen – Sobat lampungnews.com dalam artikel ini akan dibahas tentang Contoh Cerpen. Berbagai cerpen dibawah ini mengandung pesan masing masing yang menarik untuk dibaca. Yang selengkapnya ini bias sobat simak berikut dibawah ini.

Contoh Cerpen Singkat
Contoh Cerpen Singkat

Pengertian Cerpen

Cerpen merupakan suatu karya sastra pendek yang bersifat fiktif dan juga mengisahkan tentang suatu bentuk permasalahan yang akan dialami oleh tokoh secara ringkas dengan mulai dari pengenalan sampai akhir dari suatu permasalahan yang telah dialami oleh tokoh.

Pada umumnya cerpen ini hanya mengisahkan suatu permasalahan yang akan dialami oleh satu tokoh. Selain itu, cerpen ini juga hanya terdiri tidak lebih 10.000 kata. Hal inilah yang akan membuat cerpen bias selesai dibaca dalam sekali duduk saja.

Contoh Cerpen Singkat

Berikut dibawah ini merupakan berbagai contoh cerpen secara singkat, diantaranya.

Contoh Cerpen Singkat Persahabatan

Indahnya Berbagi Dengan Sahabat

Pagi itu hujan turun, hujannya sanagt deras. Ani merasa bingung bagaimana ia berangkat ke sekolah. Ketika sedang memandangi air hujan yang turun, terdengar suara HP yang berdering dari dalam kamar Ani, lantas saja Ani kini masuk ke kamar dan langsung menjawab telepon.

Ternyata yang telah menghubungi Ani ialah Lia sahabatnya. Dalam teleponnya Lia telah mengatakan bahwa ia akan bersama menjemput Ani, sebab Lia tahu apabila Ani sedang merasa kebingungan bagaimana untuk ia pergi ke sekolah.

Tak selang dari berapa lama, Lia sudah sampai tepat di depan rumah Ani bersama sang ayahnya menggunakan mobil. Ani pun kemudian bergegas berpamitan dengan orang tuannya dan kemudian keluar untuk menemui Lia.

Setelah ia sampai di sekolah, yang adalah teman sebangku tersebut pun masuk mereka menuju kelasnya. Istirahat pun tiba, keduanya kini pergi ke kantin untuk bersama menghilangkan rasa lapar. Ketika mereka hendak membayar ternyata Lia lupa tidak membawa dompet. Sehingga Ani sang sahabat yang membayarkannya.

Cerpen Singkat

Kucing Lucu

Pagi hari, Dinda sedang berjemur di halaman rumahnya. Ia melihat seekor anak kucing yang sedang mengeong. Di hampiri kucing tersebut, ternyata ia terluka. Karena kebaikan hati Dinda ia membawa kucing masuk kerumahnya untuk dibersihkan kemudian di obati.

Sebulan kemudian, Dinda sedang bermain ditaman dekat rumahnya, ada kucing mengeong dari arah belakangnya, ia seperti tidak asing dengan anak kucing ini yang sedang bersama ibunya. Terus kucing itu mengeong dan mendekatinya, seolah sedang memberi tahu sesuatu pada ibunya.

Karena dirasa hari sudah semakin sore Dinda pu pulang, malam harinya sebelum tidur ia kembali mengingat kucing yang ada di taman tadi, ia penasaran apa maksud kucing tadi, sebelum terlelap ia baru ingat itu kucing yang ia tolong sebulan yang lalu, betapa senang hati dinda ternyata kucing tadi menjelaskan pada ibunya bahwa ia yang telah menolongnya.

Contoh Cerpen Cinta

Cinta SMA

Siang itu Dasky sedang mendengarkan musik dengan rebahan di kamar. Tiba-tiba ada suara ketukan pintu dari luar. Tentu saja ia langsung bergegas untuk membukakan pintu. Namun ternyata disana tak ada orang di luar. Namun ia melihat sebuah kotak di depan pintu. Dengan penuh heran ia pun beranikan diri mengambil dan kemudian masuk ke dalam rumah.

Ketika di buka dan ternyata isinya adalah boneka serta surat yang berisi “Aku tunggu kamu dating di taman pinggir kota, dan sekarang juga”

Karena ada rasa penasaran, Dasky pun mendatangi taman kota. Ternyata yang mengundangnya itu Beny. Tak disangka, Beny pun telah bermaksud menembak Dasky. Tentu saja Dasky menerika cintanya, sebab Beny merupakan pria yang ia sukai sejak mereka SMA.

Contoh Cerpen Islami

Sholat Berjamaah

Sore itu menjelang maghrib hujan turun  begitu deras. Hingga akhirnya adzan maghrib pun sudah terdengar. Pak Mamat yang tentu saja merasa bingung, karena bagaimana cara ia bias pergi ke masjid sedangkan ia tak punya sebuah payung.

Akhirnya pun ia masih nekat untuk menerobos hujan yang benar benar sangat deras demi untuk mengikuti solat maghrib berjamaah. Namun atas izin Allah, baru saja ia bergegas keluar dari pintu, ada pak Wawan yang sedang berjalan melewati rumahnya menggunakan payung akan pergi ke masjid.

Pak Wawan pun tentu saja mengajak pak  mamat untuk pergi bersama ke masjid untuk bersama solat berjamaah.

Contoh Cerpen Singkat Motivasi

Seperti Bunga dan Lebah

“Rif, berikan aku kisah untuk kujadikan pelajaran” ujar Risa secara mendadak di sore hari yang sangat sejuk itu.

“Hmm, kisah apa ya? Aku akan bacakan sepenggal kisah tentang suatu analogi Bunga dengan Lebah, mau?” jawabku yang ku balas anggukan penuh dengan semangat dari Risa.

Seperti bunga dan lebah.

Ya, aku disini lebah dan ia adalah bunganya. Atau mungkin sebaliknya. Aku tidak peduli.

Simbiosis mutualisme, pikirku. Karena kami yang saling memberi, dan tanpa sadar kami saling menerima.

Lalu aku mulai untuk meminta lebih banyak. Dan otomatis ia yang memberi lebih banyak.

Begitu yang kami selalu lakukan sebagai bunga dan juga lebah.

Tapi aku sadar.

Mungkin aku bunganya.

Objek yang tidak akan pernah dapat berpindah tempat, hanya menunggu untuk dapat disinggahi sesaat.

Ia lebahnya.

Hadir kala ia memang saatnya hadir. Pergi juga kala memang saatnya pergi.

Kala sang bunga itu menutup diri, berhenti untuk selalu meminta, maka sunyi akan mucul segera tercipta. Sang lebah boleh saja pergi, mencari keindahan bunga yang lain lagi.

Lalu sepi.

Risa menatapku dengan senyum nanar, seraya berkata “Tuan Rifazi, sejak kapan pandai bercerita seperti cerita ini?”.

“Sejak aku sadar, bahwa aku dan kamu hanya akan bisa sekedar menjadi teman saja, Nyonya Risa. Aku-lah bunganya, dan ya tentu, kau lebahnya” ujarku, tentu saja aku hanya berani kusampaikan dalam hati saja.

Contoh Cerpen Singkat Kehidupan Sehari-hari

Tolong Menolong Sesama Tetangga

Pagi hari yang sangat cerah Pak Mamat akan membaca koran di teras dan sang istri yang ada di dapur sedang memasak. Kemudian mereka datanglah Pak Hendri dengan meminta bantuan Pak Mamat untuk mereka memasangkan televisi. Tentu saja pak mamat akan membatu pak Hendri dengan sepenuh hati sebagai seorang tetangganya.

Keesokan harinya pak mamat akan keluar menuju halaman. Ia sangat terkejut bagaimana ternyata pohon yang ada di depan rumahnya tumbang.  Karena ia tak bias lagi membersihkan sendiri, maka ia akan meminta tolong kepada Pak Hendri. Dan itu tentu saja pak Hendri dengan senang hati untuk menolong pak Mamat.

Contoh Cerpen Singkat Pendidikan

Gunakan Waktumu untuk Belajar

Malam begitu sangat cerah, bagi mereka anak muda tentunya akan menghabiskan waktu untuk bias pergi keluar. Namun tidak dengan Risma, ia menghabiskan malam minggu yang sangat cerah untuk belajar, karena ia keesokan harinya ada UAS.

Tak selang berapa lama ada terdengar suara telepon, ternyata itu dari Lia, ia ingin bersama mengajak Risma untuk bermain di luar. Namun Risma menolak untuk bias diajak, sebab ia lebih memilih untuk tetap belajar di rumah.

Keesokan harinya Risma bertemu Lia di sekolah. Lia mengatakan bahwa Risma pasti akan menyesal karena ia tidak jadi ikut tadi malam untuk mereka melihat konser.

UAS pun telah dimulai, ketika Risma dengan penuh semangat mengerjakan, Lia duduk di pojokan kebingungan menoleh sana-sini untuk bias mencari jawaban. Sebab ia tidak belajar sama sekali kemarinnya.

Contoh Cerpen Singkat Covid 19

Selama Libur Sekolah karena Corona

Semenjak ada berita corona diawal tahun 2021, jujur awalnya aku senang akan libur 2 minggu namun ternyata hamper dua tahun. Awalnya hari hari ku cukup menyenangkan melakukan berbagai hal positif dirumah mengikuti trend yang ada, namun jika bertahun tahun seperti ini aku merasa jenuh.

Banyak orang orang yang kehilangan orang tersayang, bahkan ada yang meninggalkan orang yang menyayanginya. Corona sungguh jahat. Merenggut kebahagiaan banyak orang. Kelaparan dimana mana, sakit dimana mana, menginggal dimana, mana. Mungkin ini sebagai bentuk teguran dari yang maha kuasa supaya kita lebih mengingatnya.

Semoga cepat pulih bumiku, duniaku. Aku ingin kembali bersekolah, bermain bersama teman teman dan liburan bersama keluargaku tercinta.

Sekian artikel mengenai Contoh Cerpen Singkat yang dapat sobat baca dan petik pesan yang terkandung di dalamnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :